Kamis, 03 Agustus 2017

TEKNIK DASAR SEPAKBOLA (DRIBLLING)

B. Dasar-dasar Sepakbola


1. Dribbling

Source: www.Juventus.com
Saat bermain sepakbola hal paling dasar dan keterampilan utama yang harus kita miliki adalah dribbling/menggiring bola. Dribbling dalam sepakbola didefinisikan sebagai pergerakan kaki dengan bola di lapangan. 

Ketika seorang pemain sudah menguasai dirbbling dengan efektif, maka semakin tinggi konstribusi pemain di sebuah tim. Dribbling dibagi menjadi 4 cara yaitu : Dribbling dengan kaki bagian dalambagian luarbagian kura-kura kaki, dan padabagian sol sepatu.


  • Dribbling dengankaki bagian dalam

Source : www.Juventus.com
Dribbling menggunakan sisi kaki bagian dalam memungkinkan seorang pemain untuk menggunakan sebagian besar permukaan kaki(telapak kaki) sehingga kontrol terhadap bola semakin besar. Contoh dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah seperti gambar diatas.


Dribbling seperti ini biasanya dilakukan oleh pemula, kelemahan dribbling seperti ini adalah mengurangi kecepatan pemain, tetapi baiknya dribbling seperti ini dapat memberikan perlindungan lebih terhadap bola yang akan direbut lawan,

lihat saja gambar diatas, pemain tersebut melindungi bola dari pemain dibelakangnya.

  • Dribbling dengan kaki bagian luar
Source : www.Juventus.com
Dribbling dengan kaki bagian luar merupakan step/langkah kedua bagi pemula untuk meningkatkan keterampilan dribble nya.

Dribbling ini adalah salah satu cara untuk mengontrol bola. Keterampilan mengontrol bola ini digunakan saat pemain berlari dan mendorong bola supaya bola tetap di kaki bagian luar.

Dribbling seperti ini digunakan untuk merubah arah bola atau bersiap mengoper bola kepada rekan,

Dribbling seperti ini tidak mengurangi kecepatan pemain dan justru mempercepat laju pemain saat membawa bola.

  • Dribbling dengan kura-kura kaki

    Source : www.Juventus.com

    Dribbling dengan kura-kura kaki hampir sama dengan dribbling menggunakan kaki bagian luarBedanya dribbling ini menggunakan kaki bagian tengah.(Permukaan kaki) 

    Tapi kebanyakan pemula salah dalam melakukan dribbling ini, kesalahan umum yang dilakukan adalah mendribble menggunakan ujung jari kaki, sedangkan yang benaradalah dengan bagian sepatu tepat pada tempat tali sepatu

    Dribbling seperti ini sangat cocok digunakan jika kalian ingin bergerak cepat. 

    Kelebihan dari dribbling ini adalah memberikan permukaan yang datar pada bola dan juga dapat membuat bola belok secara menukik, hal ini dapat kita gunakan untuk menghindar dari lawan.


    • Dribbling dengan bagian sol sepatu
    Dribbling ini dilakukan dengan bagian alas sepatu/sol sepatu, dribbling ini sangat mudah digunakan ketika kita ingin mengubah arah bola.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar